Perbedaan Windows 8 Developer preview dengan Constumer preview


                     vs           

       Setelah merilis Windows 8 Developer Preview pada akhir tahun 2011 yang lalu, akhirnya Microsoft mengeluarkan versi terbaru Windows 8, yaitu Windows 8 Consumer Preview pada tanggal 1 Maret 2012. Versi Consumer Preview ini dirilis menyusul tingginya angka download Windows 8 versi sebelumnya (Developer Preview), yaitu mencapai 3 juta download.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa bedanya Windows 8 Consumer Preview dengan Windows 8 Developer Preview?? Dari namanya saja kita sudah bisa mengartikan, developer (pengembang) dan consumer (konsumen). Jadi versi Windows 8 Consumer Preview ini lebih ditujukan untuk uji coba di kalangan konsumen. Tentu Microsoft mengharapkan feedback dari konsumen agar nantinya Windows 8 menjadi lebih baik.

Steven Sinofsky, presiden divisi Windows dan Windows Live Microsoft mengatakan, Windows 8 membuat para penggunanya lebih nyaman dan lebih dapat mengoptimalkan fungsi PC mereka, baik itu Tablet Windows 8, Laptop, maupun perangkat All-In-One.

Dalam acara rilis Windows 8 Consumer Preview di Barcelona yang dihadiri mitra dari Eropa dan seluruh dunia, Microsoft berbagi sejumlah update-update kunci (utama) dalam Windows 8 Consumer Preview. Sejak diluncurkannya versi Developer Preview pada September tahun lalu, Windows 8 telah mengalami perkembangan dalam setiap dimensi. Mulai dari pengalaman pengguna dalam implementasi perangkat sentuh (touch) hingga peningkatan kinerja, kualitas dan kehandalan di semua subsistem. Windows 8 Consumer Preview juga menandai pembukaan toko aplikasi Windows Store yang menyediakan aplikasi-aplikasi Windows dari pengembang dan pihak ketiga. Fasilitas baru lainnya yang terdapat dalam Windows 8 adalah mampu terkoneksi dengan Claud Storage melalui perangkat PC maupun Windows Phone. Dengan akun Microsoft, pengguna dapat mengakses cloud storage dan layanan-layanan lain dari perusahaan. Dalam Windows 8 juga telah tersedia versi terbaru browser Microsoft, Internet Explorer 10.

Keunikan yang terdapat dalam Windows 8 adalah dihilangkannya tombol Start yang merupakan ciri khas Windows sejak versi Windows 95. Tombol Start ini digantikan oleh “Lounchpad” dan “Hot Corner”, yaitu semacam thumnail kecil yang mampu mengakses fungsi-fungsi yang ada dalam Windows 8.

Bagi Anda yang berminat mencicipi Windows 8, spesifikasi komputer yang harus anda miliki adalah sebagai berikut.
Processor: 1 GHz or faster
RAM: 1 GB (32-bit) or 2 GB (64-bit)
Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)
Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device or higher
Untuk penggunaan layar sentuh (touch screen), diperlukan Tablet atau monitor yang mendukung sistem multitouch
Untuk menggunakan Windows Store dan mendownload aplikasi yang ada, diperlukan koneksi internet dan resolusi 1024x768
Untuk snap apps, diperlukan resolusi 1366 x 768

Bagi para tunanetra, mungkin Windows 8 ini masih cukup sulit untuk diakses, karena kemungkinan besar Screen Reader (terutama JAWS) masih belum mempunyai fitur untuk mengakses Windows 8 (sampai JAWS versi 13 belum ada info yang menyebutkan tentang penggunaan JAWS dalam Windows 8 ). Tetapi bagi Anda yang berminat mencoba Windows 8 Consumer Preview, Anda bisa mendownload secara gratis di halaman http://windows.microsoft.com/en-US/windows-8/iso (file berformat *.iso, jadi anda harus burn file nya ke CD untuk menginstall, product key sudah ada di halaman tersebut).

Labels:



Leave A Comment:

Copyright © THE INVENTOR.